Indonesia Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-108th

Hari ini Jum'at 20 Mei 2016 Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-108th. Makna Hari Kebangkitan Nasional sendiri bisa meng...

Hari ini Jum'at 20 Mei 2016 Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-108th. Makna Hari Kebangkitan Nasional sendiri bisa mengacu kepada Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang.

Indonesia Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-108th

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei menjadi titik balik perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Sejak saat itu, para pemuda berkomitmen bersatu untuk melakukan perlawanan melalui pergerakan atau organisasi sehingga tidak mengandalkan kekuatan fisik lagi.

Tokoh tokoh yang berpengaruh dalam masa kebangkitan nasional ada banyak, sebut saja sedikit di sini seperti Sutomo, Ir. Soekarno, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat / Ki Hajar Dewantara), dr. Douwes Dekker dll.

Cikal bakal Boedi Oetomo sebagai pelopor organisasi pemuda di Tanah Air diawali oleh gagasan Dokter Wahidin Soedirohusodo mengenai studiefonds atau dana pendidikan. Menurut dia, pendidikan bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan perubahan dan meningkatkan kualitas hidup. Lulusan Sekolah Dokter Djawa itu pun berusaha agar jumlah anak pribumi yang mengikuti pendidikan terus bertambah.

Pada 20 Mei 1908 pelajar-pelajar STOVIA di bawah pimpinan Soetomo kemudian berkumpul di ruang anatomi. Mereka bermusyawarah merencanakan pendirian perkumpulan yang dilengkapi dengan susunan kepengurusannya. Momen inilah yang menjadi lahirnya Boedi Oetomo.

Hari ini 20 mei 2016 di Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Parkir eks IRTI, Monumen Nasional. Basuki menyampaikan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Dalam pidato tersebut, Ahok (sapaan Basuki) menyampaikan pesan Rudiantara bahwa teknologi berkembang pesat di dunia. Ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin terbuka.

"Tantangan apa pun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan kerja nyata," ujar Ahok membacakan pidato Rudiantara.

Selain itu, Ahok juga menyampaikan sejarah singkat Hari Kebangkitan Nasional. Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Monas itu juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua Tim Penggerak PKK Veronica Tan, istri Wagub Happy Farida, Sekda DKI Saefullah, para asisten Sekda, serta pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya.


Source: Kompas, OkeZone, SusterGadget

Related

Upacara Harkitnas ke 108thl 9146098088039155486

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item