Suasana Galau Bisa Membuat Kita Tambah Kreatif

Tidak ada yang salah dengan galau, karena galau bukan perbuatan dosa. Galau juga merupakan salah satu emosi negatif yang diperlukan oleh man...

Tidak ada yang salah dengan galau, karena galau bukan perbuatan dosa. Galau juga merupakan salah satu emosi negatif yang diperlukan oleh manusia seperti halnya manusia membutuhkan emosi positif. Emosi negatif ini berfungsi untuk membuat kita memahami naik turunnya kehidupan yang kita alami dan juga sebagai alat untuk mengevaluasi segala pengalaman hidup yang pernah kita lalui. Kalau kalian pernah nonton film Inside Out dari Disney, kalian pasti akan mengerti bahwa sebenarnya galau juga punya peran penting dalam hidup kita.

Suasana Galau Bisa Membuat Kita Tambah Kreatif

Permasalahan yang sering terjadi adalah, kita sering terlalu lebay akan suatu galau. Misalnya, cuma gara-gara nggak dikasi ngutang sama bibi kantin, galaunya sama seminggu. Cuma gara-gara diputusin pacar galaunya sampai nggak mau makan sebulan. Galau semacam ini nih yang harus kita ubah polanya. Saat kita diserang galau kita harus fokus tentang bagaimana cara memanfaatkan galau kita itu menjadi sesuatu yang lebih penting daripada sekedar meratapinya. Dan tau gak sih? Ternyata kita bisa menghasilkan kreatifitas yang luar biasa saat kita mencari cara untuk mengubah kegalauan kita menjadi sesuatu yang berguna.

Dari orang biasa sampai orang luar biasa pasti pernah ngerasain yang namanya galau. Bahkan galau juga sudah jadi kata yang sangat sering kita dengar dimana-mana, seperti di sekolah, di acara TV, terlebih lagi di media sosial. Para pengguna media sosial terutama yang masih remaja sangat rentan dengan jenis emosi yang satu ini. Belum belajar untuk ulangan pasang status galau, diputusin pacar pasang status galau, nggak dikasi ngutang sama bibi kantin pasang status galau.

Sebuah eksperimen oleh Modupe Akinola yang berjudul “The Dark Side of Creativity” membuktikan bahwa emosi negatif mengantarkan kita pada kreatifitas yang artistik. Eksperimen ini dilakukan dengan cara bertanya kepada sekelompok orang tentang pekerjaan impian mereka. Setelah ditanya, orang-orang tersebut kemudian diberikan tanggapan oleh Si Penanya. Tanggapan yang diberikan ada yang berupa tanggapan positif dan ada pula yang diberikan tanggapan negatif. Setelah itu kelompok orang yang menjadi sample percobaan ini diminta untuk menggambar sesuatu yang sederhana. Hasil dari eksperimen ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mendapatkan tanggapan negatif saat wawancara menghasilkan gambar yang lebih indah dan artistik ketimbang mereka yang mendapatkan tanggapan positif. Hal ini membuktikan bahwa emosi negatif sangatlah kuat. Dan jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, maka kita juga bisa menghasilkan kreatifitas yang luar biasa.

Ada beberapa cara saat suasana galau bisa membuat kita tambah kreatif sebagai berikut :

Memainkan Alat Musik
Kalau kamu bisa memainkan salah satu alat musik, maka kamu sudah dapat salah satu cara untuk mengubah galau kamu menjadi sesuatu yang kreatif. Menciptakan musik bisa dibilang salah satu cara paling populer untuk menyampaikan emosi kita yang paling dalam kepada orang lain. Banyak banget musisi-musisi kondang yang menciptakan lagu-lagu indah yang bisa bikin kita baper. Dan coba tebak itu semua berawal dari apa? Yupps, GALAU. Saat mereka sedang galau, mereka gak fokus sama galaunya, tapi mereka mencoba untuk mengalihkan galaunya untuk membuat lagu yang indah. Dan WALA terciptalah satu lagu galau yang bisa bikin baper seluruh dunia.

Melukis dan Menggambar
Masih Ingat masalah ekesperimen yang udah dijelasin di atas kan?
Naaah, dari sana saja kita sudah bisa tahu kalau melukis atau menggambar bisa jadi salah satu media penyalur galau kalian yang lain. Kalian nggak mesti harus jadi pelukis profesioanal untuk bisa melukis. Kalian cukup duduk dan coba untuk menggambar atau melukis. Gunakan berbagai warna dan tekstur yang sesuai dengan emosimu. Jangan fokus pada hasilnya. Biarkan kreatifitasmu mengalir mengikuti emosimu.

Memasak
Memasak juga jadi pilihan yang bagus nih buat ngurangin galau. Coba deh kalian buat sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Buat resepmu sendiri dan lihat bagaimana kamu bisa menghasilkan makanan hanya dengan beberapa bahan yang sederhana. Siapa tahu itu akan menjadi makanan terbaik yang pernah kamu buat.

Menulis
Dalam kasus galau, menulis bisa dimanfaatkan dalam dua hal. Pertama kalian bisa menuliskan semua kegalauan kalian secara blak-blakan. Kedua kalian juga bisa membuat cerita semacam cerpen yang inspirasinya bisa kalian ambil dari galau yang kalian rasakan. kalo pengen tulisan kalian bisa go publish, kalian langsung bisa posting di blog. Kalau kalian konsisten posting diblog dengan tulisan galau atau cerpen yang kreatif, dijamin deh blog kalian bakal ramai pengunjung.

Naah, itu dia beberapa sarana yang bisa kamu coba untuk mengubah galau kamu menjadi sesuatu yang kreatif dan berguna. mungkin kalian juga bisa mencari kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa membantu kalian move on dari galau kalian. Ingat, galau hanya akan bisa berkurang, ketika kalian melakukan kegiatan aktif, bukan kegiatan pasif seperti nonton TV, posting status galau di sosmed, atau upload foto galau di sosmed. Alangkah lebih baiknya kegiatan aktif yang kalian lakukan bisa menghasilkan karya baru. Tapi jangan terlalu terobsesi untuk menghasilkan karya yang sangat bagus saat kalian mulai mencoba salah satu arti kegiatan di atas, karena nggak ada orang yang bisa perfect di percobaan pertama.


Source: http://www.teens.id/ssssttt-ternyata-galau-bisa-bikin-kita-tambah-kreatif-lo/

Related

Tips 8026494520455541458

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item