Suka Duka Menjalin Bisnis Bersama Teman

Inilah suka dukanya menjalin bisnis bersama teman. Bisnis adalah kegiatan menjual produk baik barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keun...

Inilah suka dukanya menjalin bisnis bersama teman. Bisnis adalah kegiatan menjual produk baik barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Bisnis tak harus memiliki PT, CV, atau pabrik yang besar. Asal ada produk dan bisa dijual, itu sudah namanya bisnis.

Bisnis bisa dilakukan sendiri atau berkelompok. Biasanya anak-anak muda yang mulai mencoba dunia bisnis, melakukannya bersama teman-temannya. Memang ada suka dan dukanya ketika membangun bisnis bersama teman. Baca dulu ya sebelum kamu memutuskan untuk membuka bisnis bersama teman.

Suka Duka Menjalin Bisnis Bersama Teman

Inilah suka dukanya bisnis bersama teman :

SUKA
  1. Teman yang tidak Protes Soal Gaji. Teman yang tahu persis bagaimana perkembangan bisnis kamu mengerti, kapan dan berapa besarnya gaji yang bisa ia terima. Jika di awal keadaan bisnis masih kembang kempis, dia akan tahu dan tidak memaksa meminta gaji tinggi. Makan bersama pun mereka sudah bersyukur.
  2. Teman yang Berkomitmen Tinggi. Komitmen itu sangat penting. Teman yang berkomitmen, sama-sama satu visi mewujudkan kesuksesan bisnis akan dengan senang hati memberikan tenaga bahkan hartanya demi mensukseskan bisnis kalian.
  3. Teman Jauh Menjadi Dekat. Belum tentu teman jauh akan selalu jauh. Justru, kamu bisa membangun kembali hubungan pertemananmu dengan teman jauhmu itu. Siapa tahu ia memiliki visi misi yang sama sehingga bisnis mudah terwujudkan.
  4. Teman yang Loyal. Teman seperti ini akan merelakan waktu, tenaga, pikiran, untuk mewujudkan suksesnya bisnis kalian. Ia akan rela meski menyita waktu pribadinya.
DUKA
  1. Teman yang Hilang Komitmen. Ini kebalikan dari poin suka tadi. Hilangnya komitmen sangat berbahaya. Diujungnya ada alasan-alasan yang membuatnya lari dan kemudian hilang dari bisnis kalian. Bisnis kalian bukan lagi prioritas bagi dia dan akhirnya, bukan hanya bisnis kamu yang bisa berhenti, tapi pertemanan kamu mungkin juga akan menjadi awkward.
  2. Teman yang Suka Protes Soal Gaji. Ini biasanya tipe yang perhitungan. Padahal, untuk bisnis awal belum bisa dipastikan akan sangat maju sehingga gaji juga belum sepenuhnya diberikan. Nantinya, teman seperti ini akan protes terhadap besar kecilnya gaji yang ia terima.
  3. Teman yang hanya Banyak Bicara. Memang sebagai pemimpin, kamu perlu mendengarkan pendapat dari teman-temanmu. Tapi, ketika diajak diskusi, ada salah satu temanmu yang banyak bicara. Banyak mengeluarkan ide-ide. Sayangnya, ia hanya banyak bicara, ketika diajak untuk merealisasikan idenya, ia malah menghindar bahkan menghilang.
  4. Teman yang tak Mau Susah. Mau untungnya tapi nggak mau susah, itu pasti ada di salah satu teman yang kamu ajak bisnis. Ketika gilirannya bekerja, ia malah mencari beribu alasan untuk menghindar.
  5. Teman yang Diam Seribu Bahasa. Tipe teman seperti ini kadang menyusahkan tapi kadang membantu. Ia tidak pernah mengeluarkan pendapatnya sedikitpun, tapi ketika disuruh ia pasti mau. Dan ia hanya menjalankan tugas sesuai suruhan.
Itulah suka dukanya membangun bisnis bersama teman. Pertimbangkan lagi sebelum memulai bisnis bersama teman. Semoga sukses!


Source: http://www.catatankecilku.net/2016/05/inilah-suka-dukanya-bisnis-bersama-teman.html

Related

Usaha Bersama Teman 6468189632891423693

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item